Jumat, 21 Januari 2011

invictus

Puisi ini dibaca oleh Nelson Mandela-mantan Presiden Afrika Selatan dalam 'ruang sempitnya',di film ini.
Nelson dimainkan oleh Morgan Freeman. Disutradari oleh Clint Eastwood,yang kita tahu film-film

Clint kebanyakan berbobot entah dari dialog-naskahnya ataupun jalan cerita yang bermakna.

Film biografi drama ini berdasarkan dari novel yang ditulis oleh John Carllin,"Playing the Enemy: Nelson Mandela and the Game that Made a Nation".

Kisah seorang Presiden Afrika Selatan tak lama setelah dibebaskan dari hukuman seumur hidupnya,11 Februari 1990.

Ia berupaya membangun kembali negerinya dengan cara yang bisa dibilang mulia,'rekonsiliasi bangsa',terutama dengan cara memaafkan.

Mandela dengan kapten Springbok rugby,François Pienaar (Matt damon). Menginginkan untuk menang. Menang dalam arti yang dalam bagi sebuah bangsa,bangsa yang kini belajar dari pengalaman terdahulu.

Yang menarik adalah,nilai kebangsaan dalam film ini yang digambarkan begitu tinggi. Mandela cukup berhasil menyatukan bangsanya satu. Selain dialog yang dilontarkan Mandela maupun Francois yang membuat kita bercermin dan berpikir ulang atas sikap (sebuah) bangsa.

Pokoknya tonton deh yang dulu masanya belum tahu siapa Nelson Mandela (apalagi yang belum tahu bagaimana itu Rugby :) ) dan tak bisa banyak berkata-kata karena di film itu sudah cukup mewakili dan jelas. Untuk akting kedua pemain utama,tak usah diragukan lagi,sang Presiden dan sang kapten menjiwai karakter yang dimainkan.


"His people needed a leader.He Gave them a champion"

Tidak ada komentar: